Ranking Halaman

Selasa, 08 Juli 2014

Keamanan dan Keselamatan saat bekerja dengan listrik

Dimanakah bahaya listrik berada?

electrical hazard

Listrik telah merevolusi kehidupan dan peradaban manusia. Hidup manusia dipermudah dengan ditemukannya listrik dan pamanfaatannya. Namun bekerja dengan listrik bisa sangat berbahaya karena listrik tidak dapat dirasakan atau diketahui keberadaannya sampai terjadi kontak dengan listrik. Bahaya meningkat ketika tubuh manusia menjadi jalur arus listrik, biasanya dari sumber listrik ke ground /bumi. Hanya dengan arus sebesar 25 mA melalui jantung sudah cukup untuk menyebabkan kematian.

Listrik banyak digunakan dalm kehidupan sehari-hari. Meskipun tegangan rendah bisa berbahaya, tetapi ada beberapa bagian atau area yang sangat beresiko.

  • Hal pertama yang perlu diingat adalah bahaya listrik/tersetrum tidak selalu jelas terlihat. Listrik menghidupkan setiap lingkungan, termasuk kantor/tempat kerja. Jika kita bekerja dekat lampu atau komputer, kabel yang terkelupas dan peralatan yang rusak dapat menimbulkan resiko yang besar. 
    electrical hazard
    Peralatan elektronik di sekitar kita
  • Listrik dengan tegangan tinggi dapat ditemukan di area-area tertenu, seperti kamar mesin dan ruangan-ruangan MCC. Di area-aera ini terdapat circuit breaker dan transformer dengan tegangan tinggi. Hanya teknisi yang mempunyai wewenang dalam menangani listrik tegangan tinggi yang diijinkan untuk masuk ke area tersebut. 
    pabel listrik
    Panel distribusi tegangan tinggi
  • Mesin-mesin yang digunakan untuk membantu proses produksi, seperti crane, forklift electirc, moblie elevated work platform, dapat menjadi berbahaya karena besarnya jumlah energi listrik yang digunakan. 
    kendaraan listrik
    Mobile elevated work platform (MEWP)
  • Penggunaan pernggunaan perlatan elektronik pada area yang berpotensi terjadi ledakan memiliki resiko tersendiri. Tempat dimana gandum, alkohol, bahan-bahan kimia, tabung-tabung gas disimpan dapat meningkatkan resiko akan bahaya listrik. 
    bahaya listrik
    Penyimpanan tabung gas
  • Pekerjaan-pekerjaan seperti pengelasan dan pematrian yang menghasilkan panas berlebih juga menyimpan bahaya listrik sendiri karena energi listrik yang digunakan relatif besar. Serta pekerjaan seperti penggerindaan atau pemotongan yang menyebabkan percikan bunga api memiliki bahaya kerja.
    bahaya listrik
    Pekerjaan pengelasan
  • Pengerjaan yang berhubungan dengan bahaya listrik baik tegangan rendah ataupun tegangan tinggi seperti perbaikan, perawatan, atau pengujian peralatan listrik bertegangan tinggi harus dilakukan oleh teknisi yang bersertifikat. Sebelum pekerjaan dilakuakn semua sumber listrik harus diputus alirannya dan diisolasi menggunakan Lock Out Tag Out (LOTO). 
Keamanan saat bekerja dengan peralatan elektronik


loto
Contoh panel listrik yang diisolasi
loto
Contoh kunci LOTO
  • Untuk mencegah resiko sengatan listrik, semua peralatan eletronik harus di sambungkan ke ground/tanah. Sebagai tambahan sumber listrik harus disambungkan ke ground yang sama dengan peralatan listrik. Dengan kata lain semua perlatan dan komponen listrik harus disambungkan pada ground yang sama. Kekencangan sambungan gorund harus dicek dan dites minimal satu kali dalam setahun untuk memastikan resistansi/hambatannya rendah (dibawah 1 ohm).
panel listrik
Panel distribusi medium voltage yang terbakar karena kelebih beban dan kurang terawat

Bahaya listrik di sekitar kita

Kita tidak perlu untuk bekerja dengan peraltan elektornik bertegangan tinggi dahulu untuk mengetahui seberapa berbahayanya listrik. Faktanya ada beberapa resiko yang akan kita hadapai dimanapun kita berada dan bekerja. Sebagai contoh bahaya listrik yang berada di sekitar kita dan dekat dengan kehidupan sehari-hari kita antara lain:
  1. Soket listrik atau lebih dikenal dengan stop kontak. Stop kontak bisa menjadi berbahya apabila tidak digunakan dengan tepat. Stop kontak yang rusak atau kelebihan beban bisa menyebabkan panas berlebih pada plat tembaga dan bisa menyebabkan kebakaran.
  2. Kabel listrik dan peralatan elektronik. Pada umumnya peralatan elektronik itu aman, tetapi tetap ada resiko yang bisa timbul dalam penggunaannya. Kabel yang rusak atau terkelupas bisa jadi sangat berbahaya khususnya apabila kabel yang terkelupas tersebut terekspos dan beresiko tersentuh orang.
  3. Air. Air adalah penghantar listrik, jadi kita perlu ekstra hati-hati ketika menggunaan alat elektronik dekat dengan sumber air atau di area yang berair.
  4. Panel listrik. Panel listrik adalah sebuah lemari/panel yang di dalamnya terdapat peralatan-peralatan elektronik yang mengendalikan mesin, serta menjadi sumber energi dari mesin. Panel listrik bisa berbahaya bagi teknisi yang tidak mempunyai kualifikasi. Benda-nemda yang menghalangi panel listrik juga bisa menjadi potensi bahaya kebakaran yang signifikan. Yang harus selalu diingat sebelum bekerja denga panel listrik adalah penggunaan LOTO untuk mengisolai sumber listrik.
    bahaya listrik

Pertolongan pertama pada kecelakaan listrik/tersetrum dan keadaan darurat

Banyak kejadian sehari-hari yang bisa berakibat fatal yang disebabkan oleh listrik. Sebagai contoh kabel listrik yang putus dan jatuh di jalan. Kabel listrik bertegangan tinggi yang jatuh bisa menjadi fatal apabila tidak diperlakukan dan ditangani dengan benar. Bagaimana kita tetap aman menghadapi bahaya seperti itu?
  1. Jangan pernah sentuh kabel bertegangan tinggi apapun yang terjadi. Sgera hubungi petugas PLN untuk menanganinya. Dan untuk mengamankan lokasi dan menjaga orang tidak mendekat selama menunggu petugas buatlah barikade pengaman dengan radius 3 meter.
  2. Apabila kita berada di dalam mobil dan kabel jatuh tepat di atas mobil kita, tidak perlu panik. Tetap berada di dalam mobil dan lanjutkan berkendara menjauh dari kabel yang jatuh. Jangan pernah keluar dari kendaraan sebelum kita berada pada jarak aman dengan kabel listrik yang jatuh tersebut.

Tersengatan arus listrik/tersetrum

Apa itu tersetrum? Bahaya utama apabila kita berhubungan listrik adalah sengatan listrik atau tersetrum. Jadi apa yang sebenarnya terjadi saat kita tersetrum atau tersengat arus listrik? 
Listrik bergerak dengan cepat. Kcepatannya hampir mencapai 300.000 km/sec dan selalu mencari jalur termudah dan tercepat untuk mencapai gorund/tanah/bumi. Konduktor akan membantu listrik mencapai tanah. Konduktor adalah bahan yang bisa menghantarkan arus listrik. Konduktor bisa berupa logam, air, kayu yang basah, atau tubuh manusia. Aliran listrik yang melalui tubuh kita bisa jadi sangat fatal, jadi jangan pernah menempatkan tubuh kita pada jalur yang dilalui arus listrik. 
Apa yang harus kita lakukan apabila menghadapi bahaya ini, orang tersetrum? Tersetrum adalah keadaan yang mengancam nyawa disebabkan oleh kontak langsung dengan sumber arus listrik. Jika ada orang disekitar kita yagn tersetrum, carilah bantuan medis segera dan lakukan beberapa hal berikut:
  1. Jangan sentuh korban yang tersengat arus listrik atau tersetrum. Korban mungkin masih bersentuhan dengan sumber arus listrik dan apabila kita menyentuh korban maka aurs listrik dapat mengalir juga di tubuh kita. Jangan pernah menyentuh korba tersetrum secara langsung. 
    bahaya listrik
    Korban tersetrum
  2. Matikan supply listrik. Jika memungkinkan matikan segera sumber arus listrik sebelum menolong korban. Atau kalu tidak dimungkinkan gunakan bahan-bahan yang bersifat isolator untuk memisahkan korban dengan sumber arus listrik secara langsung. Cintih kayu dan plastik. 
    bahaya listrik
    Matikan supply 
  3. Setelah dipastikan tidak ada lagi arus listrik yang mengalir periksa nafas dari korban. Apabila tidak ditemui nafas dan denyut nadi segera lakukan RJP (Resisutasi Jantung Paru-paru). 

Luka bakar akibat sengatan listrik

Selain menyebabkan gagal jantung dan kehilangan kesadaran, arus listrik juga bisa menyebabkan luka bakar. Luka bakar akibat sengatan arus lsitrik bisa jadi sefatal tersetrum arus listrik, karena luka bisa juga terjadi di bawah kulit. Jika seseorang mengalami luka bakar akibat tersengat listrik segera cari pertolongan medis dan lakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Sama seperti kecelakan korban tersetrum, kita tidak boleh menyentuh korban secara langsung sebelum memastikan tidak ada lagi arus listrik yang mengalir. Menjaga keselamatan kita sama pentignya dengan menolong korban.
  2. Matikan sumber listrik, atau putuskan arus listrik dengan menggunakan bahan-bahan yang bersifat isolator. Setelah dipastikan tidak ada lagi arus listrik yang mengalir kita perlu memeriksa seberapa parah luka bakar yang diderita korban.
  3. Luka bakar tingkat 1 adalah luka yang paling ringan biasanya ditandai dengan kulit yang memerah dan mungkin akanterjadi pembengkakan pada bagian tubuh yang terluka. Luka bakar tingkat 2 ditandai dengan ikut rusaknya lapisan kulit kedua. Hal ini ditandai dengan bagian tubuh yang terluka melepuh dan atau lecet serta rsa sakit yang luar biasa pada bagian tubuh yang terluka. Luka bakar tingkat 3 sangatlah serius dan bisa menyebabkan kerusakan pada daging, otot, sampai tulang. Luka bakar pada tingkat ini ditandai dengan menghitamnya bagian tubuh yang terluka. 
    keselamatan kerja
    Luka bakar


    Selalu waspada dimanapun kita berada dan bekerja terutama apabila berhubungan dengan listrik. 

1 komentar:

  1. If you're looking to lose kilograms then you certainly need to jump on this totally brand new custom keto plan.

    To create this keto diet service, certified nutritionists, personal trainers, and professional cooks have joined together to develop keto meal plans that are efficient, decent, cost-efficient, and delicious.

    From their first launch in January 2019, hundreds of people have already remodeled their figure and well-being with the benefits a smart keto plan can give.

    Speaking of benefits: in this link, you'll discover eight scientifically-proven ones given by the keto plan.

    BalasHapus